SAYA ATAS NAMA ANDRI NUSANTARA SELAKU ADMIN MENGUCAPKAN TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA PADA BLOG INI

Selasa, 22 Juni 2010

Danau Rawa Dano di Propinsi Jawa Barat

Danau Rawa Dano

   Rawa Dano yang terletak di Kampung Bojong, Desa Kaduagung Kecamatan Gunungsari termasuk dalam tempat-tempat yang suka dikunjungi orang berpuasa untuk ngabuburit alias menunggu waktu berbuka puasa. Apa sih istimewanya?
   Tempat yang satu ini sebelumnya memang sudah dikenal banyak orang sebagai tempat beristirahat. Bahkan Dinas Pariwisata Kabupaten Serang menjadikan Rawa Dano sebagai salah satu objek wisata pemandangan.
Pesona yang dimiliki Rawa Dano berupa danau yang berada di kaki bukit atau pegunungan. Jika matahari bersinar terang, akan tampak rawa di kejauhan. Hamparan air yang tampak menghijau, di sekitarnya tumbuh beraneka jenis tumbuhan air.
   Tetapi pada sore hari atau kala sinar matahari mulai berkurang, yang tampak hanyalah hamparan kabut putih menutupi danau tersebut. Meski tak bisa melihat apa-apa, selain hamparan kabut yang irip gumpalan kapas, namun kesejukan membuat kita betah berlama-lama di sini.
   Panenjoan adalah salah satu tempat beristirahat yang berada di ketinggian. Artinya, danau yang akan kita lihat berada jauh di bawah kaki kita. Seolah-olah kita sedang berdiri di atas sebuah tebing.
   Di sekitar tempat peristirahatan sudah disediakan beberapa kursi untuk pengunjung beristirahat sambil menatap rawa danau yang berkilau-kilau. Warung-warung penyedia makanan juga sudah hadir di sini. Hanya saja, selama bulan ramadhan warung tersebut tutup.
   Di sebelahnya terdapat sebuah villa. Pada bulan ramadhan, villa tesebut juga tutup. Sedangkan pada hari-hari lainnya, villa tersebut cukup laris disewa pengunjung. “Biaya sewa villa ini Rp100 ribu sehari,” kata Udin, penjaga villa.
   Vila tersebut sengaja dibangun tinggi, menghadap ke arah rawa danau. Sehingga para penyewa bisa berdiri di teras depan villa sambil melayangkan pandangan ke rawa danau. Kicau burung dan gemirisik dedaunan merupakan instrumen yang bisa dinimati setiap saat dari atas villa ini.
   Pengunjung Rawa Dano tak hanya warga sekitar, tapi juga dari berbagai daerah, seperti Ciomas, Cilegon, Cikande, Ciruas dan banyak lagi.
   Saat wartawan Radar Banten memantau tempat tersebut, Rabu (19/9), beberapa orang berpuasa tampak sedang berkumpul di Panenjoan. Mereka berasal dari kampung sekitar, ada juga yang datang dari Ciomas.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Terima Kasih atass Kunjungan anda di MawarKuning.com